Read more: http://www.maspeypah.co.cc/2010/01/cara-membuat-pesan-bergerak-di-address.html#ixzz123y2bcTb
WELCOME TO RYAN ZONE'

sponsor

Rabu, 02 April 2014

Penerapan Komputasi Modern Pada Website Sriwijaya Air

      Komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel. disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaian masalah. Maka dapat di simpulkan Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan computer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.


Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung:
  • Akurasi (bit, floating point)   
  • Kecepatan (dalam satuanHz)
  • Problem volume besar (paralel)
  • Modeling (NN dan GA)
  • Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)
Jenis-jenis komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
  • Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.  
  • Grid Computing

Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini tidak perlu saling eksklusif, meskipun itu adalah skenario yang ideal. Sebagai tugas lengkap pada berbagai unit komputasi, hasil dikirim kembali ke unit pengendali, yang kemudian collates itu membentuk keluaran kohesif. Keuntungan dari komputasi grid adalah dua kali lipat: pertama, kekuatan pemrosesan yang tidak digunakan secara efektif digunakan, memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan, kedua, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan besar berkurang secara signifikan.
  • Cloud Computing  

Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas. Semua yang terlihat adalah sebuah antarmuka, yang menerima masukan dan memberikan output. Bagaimana output ini dihitung benar-benar tersembunyi. Sebagai contoh, seorang sopir mobil tahu bahwa roda kemudi dengan memutar arah mobil yang mereka ingin pergi atau yang menekan pedal gas akan menyebabkan mobil untuk mempercepat. Sopir biasanya tidak peduli tentang bagaimana arah dari roda kemudi dan pedal gas tersebut diterjemahkan ke dalam gerakan yang sebenarnya dari mobil. Oleh karena itu, rincian ini diabstraksikan dari sopir.



Disini saya akan menjelaskan implementasi dari konsep komputasi modern yang ada di perusahaan http://www.sriwijayaair.co.id/id. Pada website Sriwijaya Air yang termasuk komputasi modern terdapat pada layanan pemesanan tiket online yang dimana user/pelanggan dapat memesan tiket secara virtual/online tanpa harus datang langsung ke lokasi penjualan. Sistem ini merupakan gambaran dari penerapan konsep kepintaran komputasi modern yang proses kerjanya di gerakkan oleh komputer. Berikut ini tampilan gambar website Sriwijaya Air:




Halaman Depan Website Sriwijaya Air




Tampilan Pemesanan Tiket


Tampilan Pilih Penerbangan

Pada tampilan Pemesanan Tiket dan Pilih Penerbangan,disitulah menurut saya letak dari komputasi modern dari website ini, yang mana kita dapat menghitung total belanjaan kita yang akan kita pesan nantinya


Komentar Pribadi:
Menurut saya untuk sebuah website Penerbangan, Sriwijaya Air sudah cukup baik dalam membantu memudahkan pemakai jasa. user/pelanggan dapat memesan tiket secara virtual/online tanpa harus datang langsung ke lokasi penjualan. Sistem ini merupakan gambaran dari penerapan konsep kepintaran komputasi modern yang proses kerjanya di gerakkan oleh komputer.
Tampilan website sudah baik, simple dan mudah digunakan, Form untuk pemesanan tiket yang ada pada halaman awal website memudahkan pengguna dalam menggunakan website ini.
  
 
Referensi :
http://lutfieachmad10.blogspot.com/2013/04/komputasi-modern.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar