Read more: http://www.maspeypah.co.cc/2010/01/cara-membuat-pesan-bergerak-di-address.html#ixzz123y2bcTb
WELCOME TO RYAN ZONE'

sponsor

Jumat, 10 Mei 2013

Tugas Softskill Bulan Kedua


1. Apa yang dimaksud dengan shading ?
pengaturan pencahayaan pada objek. Pencahayaan disini ada 5 macam, yaitu : point, sun, spot, hemi, area.
2.  Apa yang dimaksud dengan Ambient, Specular dan Diffuse ?
  • Ambient : mengatur pencahayaan (shading) terhadap suatu objek agar objek 3d tersebut seolah-olah hidup
  • Specular : efek kilauan pada benda. Efek ini akan tampak jelas pada objek yang memiliki banyak face dengan berbagai sudut. Intensity dibawah kotak warna putihnya Specular mengatur banyaknya cahaya yang dapat dipantulkan, makin mendekati 1 makin berkilau.
  • c. Diffuse : Mengatur warna pada objek
3. Mapping berkaitan dengan objek material 
a. Apa yang dimaksud dengan mapping ?
suatu proses pemodelan 3D membuat gambar 2D mewakili sebuah model 3D. Peta mengubah objek 3D ke gambar dikenal sebagai tekstur. Berbeda dengan “X”, “Y” dan “Z”, yang merupakan koordinat untuk objek 3D asli dalam ruang modeling, “U” dan “V” adalah koordinat obyek yang berubah. Hal ini menciptakan efek lukisan gambar ke permukaan objek 3D.
b. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis mapping ?
1. Texture map  : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygon.
Texture map terdiri dari :
  • bitmap : memilih file gambar image
  • checker : pola papan catur
  • marble : tekstur berupa marmer
  • gradien : tekstur dari gradasi tiga buah warna
  • water : menampilkan efek air
  • wood : menampilkan tekstur kayu
2. Mapping coordinate
  • offset : menggeser posisi bitmap pada material
  • tilling : mengatur duplikasi bitmap pada material
  • mirror : mencerminkan bitmap pada material
  • tile : pengkotakkan material
  • angle : perputaran material pada objek
  • uv/vw/wv : orientasi mapping
  • blur : memberikan efek kabur
a. Rancanglah game sangat-sangat sederhana
Goal untuk menyelesaikan games Tak Tik Bum Wer ini adalah membuat sebuah
deretan ikon gambar yang dapat dibentuk secara vertical, horizontal, diagonal.
Berikut contoh tampilan untuk dapat memenangkan permainan ini.
Untuk memulai permainan, mula-mula klik Mulai Baru lalu dilanjutkan dengan
pemilihan level yang telah ada. Level yang tersedia ada tiga tingkatan yaitu : Easy,
Normal dan Hard. Setiap level terdapat perbedaan. Berikut tampilan permainan
dibawah ini.
Namun tak hanya sebatas kemenangan yang didapet permainan ini, kekalahan
karena keabisan waktu pun sudah direncanakan. Karena permainan ini lebih
menekankan pada konsep AI atau Artificial Intelegent maka player sangat tidak
diharapkan untuk memperoleh kemenangan. Sebagai berikut tampilannya.
Namun tak hanya sebatas habisnya waktu bermain, tetapi kalah karena lawan
main yaitu komputer (AI) yang terus menerus menghalangi jalan player.
b. Buatlah skenario game tersebut
Aturan main (Rule) yang digunakan pada games Tak Tik Bum Wer ini adalah
sebagai berikut:
1. User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan letak dari ikon gambar yang telah disediakan untuk dimainkan. User diberi kebebasan
untuk meletakkan gambar di mana saja selama berada di papan permainan.
2. Komputer diberi pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai
Goal (Tujuan).
3. Komputer juga diberi pembelajaran untuk memenangkan games ini
(membentuk suatu garis lurus berdasarkan simbolnya) .
c. Buatlah 1 objek yang ada pada game tersebut
Teman Kelompok :
Arie Pratama
Bobby Rahmantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar