Read more: http://www.maspeypah.co.cc/2010/01/cara-membuat-pesan-bergerak-di-address.html#ixzz123y2bcTb
WELCOME TO RYAN ZONE'

sponsor

Selasa, 20 Maret 2012

JEJARING SOSIAL ( TWITTER)

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Sejarah

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.

Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.

Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Pertumbuhan

Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.

Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
TEKNOLOGI yang digunakan dalam twitter
Teknologi yang menjadi dasar pembuatan twitter adalah sebagai berikut : 
API
API dapat digambarkan sebagai sebuah “pintu” untuk mengakses informasi dari sebuah situs web, layanan atau perangkat lunak untuk membangun aplikasi. Ini adalah sebuah perangkat lunak-untuk-software interface, bukan user interface. Dengan API, aplikasi berbicara satu sama lain tanpa pengetahuan atau intervensi pengguna. Sebagai pengguna, Anda hanya melihat satu antarmuka, tetapi di belakang layar, banyak aplikasi yang bekerja bersama dengan menggunakan API.
Javascript
bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser.
Inline Media
Salah satu fitur produk yang penting adalah menanamkan konten pihak ketiga secara langsung pada situs web setiap kali menklik link ke salah satu mitra konten kami. Misalnya seperti Kiva dan Vimeo, Twitter bergantung pada standar oEmbed,membuat permintaan JSON-P sederhana untuk domain penyedia konten dan embedskonten yang ditemukan di respon. Untuk mitra media lain, seperti TwitPic dan YouTube,kita bergantung pada sumber daya embed dikenal yang dapat diprediksi dari URL, yang mengurangi permintaan jaringan dan menghasilkan kinerja yang lebih cepat.

Sumber :




KEKURANGAN dan KELEBIHANnya . . .

Situs jejaring sosial yang satu ini masih terbilang baru dari situs jejaring sosial yang sebelumnya, karena membernya yang masih belum menandingi yang lainnya misalnya facebook. Belum tentu pengguna facebook juga menggunakan twitter dengan alasan kenyamanan. Kini akan saya uraikan kelebihan dan kekurangan twitter.


Kelebihan :

1.walaupun terbilang baru namun mampu menyita banyak member walaupun tak sebanyak facebook.

2.banyak artis yang sering menggunakan twitter daripada facebook sehingga memancing fansnya juga memakai twitter.

3. Dalam twitter jika ingin menambah teman cukup melakukan 'follow' dan tidak perlu disetujui oleh orang yang kita 'follow', jika di facebook harus menunggu konfirmasi dari orang yang di add.

4.dapat lebih mudah mengganti status dengan sekali tombol 'tweet'.

5.kita dapat mengubah gambar layout. Layout dapat berupa gambar default yang disediakan oleh twitter maupun foto kita sendiri, jadi akan tampak lebih cantik.

Kekurangan :

1.karekter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 180 karakter,, jauh sangat sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.

2.Penggunaan twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.

3.dalam twitter harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat sedikit.

4.foto profil sangat kecil dan tidak bisa membuat album foto layaknya dalam facebook.

5.biodata pribadi juga sangat sedikit dibanding facebook yang menampung biodata yang cukup kompleks.

6.dalam twitter tidak tersedia fitur chatting seperti di facebook sehingga tidak tahu siapa saja waktu itu yang sedang online.

7.untuk upload gambar dibatasi ukurannya. Tidak seperti di facebook yang mencapai 4mb, pada twitter dibatasi cuma 1mb.


Fitur Twitter Baru



Pada tanggal 15 September 2010 lalu , Twitter telah mengumumkan dalam account twitter mereka bahwa mereka telah meluncurkan twitter baru. Tetapi tampaknya tidak semua pengguna mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman baru menggunakan twitter baru.

Menurut Evan Williams, pendiri Twitter, pemilihan account untuk twitter baru secara acak dan di seluruh dunia. Jadi bagi mereka yang belum dipilih, harap bersabar. Sementara itu, Anda dapat memeriksa fitur apa saja yang terdapat dalam twitter baru



Anda akan menemukan timeline, @mentions, retweets, searches, and lists dalam single – streamlined view di kiri layar. Di sebelah kanan, Anda dapat melihat fitur seperti favorit, Tren Topik, follower Anda dan siapa saja user yang baru saja anda follow.




Ketika Anda klik Tweet, panel rincian menunjukkan informasi yang berkaitan dengan tweet, tergantung pada konten tweets. Anda dapat melihat @replies, Tweets lain oleh pengguna yang sama, dan juga anda dapat melihat foto dan video langsung di Twitter.





Saya membaca di twitter, beberapa pengguna twitter telah menulis bahwa twitter baru agak membingungkan untuk digunakan. Bagi mereka yang memiliki pendapat yang sama, jangan khawatir. Anda memiliki pilihan untuk beralih kembali ke twitter versi lama.


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar